Home » » Sinopsis Novel Ayah - Andrea Hirata

Sinopsis Novel Ayah - Andrea Hirata

sinopsis-novel-ayah-andrea-hirata


Novel Ayah menggunakan menggunakan latar cerita utama di Belitong. Mengisahkan empat oragng sahabat yaitu Sabari, Tamat, Ukun dan Toharun. Mereka satu sekolah. Tiap tokoh memiliki karakter unik yang begitu menonjol.

Sejak SMP Sabari telah jatuh cinta pada Lena dan seringkali memajang puisi di mading yang ditujukan untuk Lena. Lena yang semula tak pernah memperdulikannya, jadi membalas walau hanya sesekali dengan cara yang sama, lewat mading. Sampai dewasa, Sabari tetap menyimpan perasaannya pada Lena. Hingga suatu ketika ada kabar bahwa Lena hamil di luar nikah. Sabari diminta untuk menikahi Lena. Ia pun memenuhi permintaan itu untuk menyelamatkan nama Markoni, ayah Lena sekaligus pemilik pabrik batako tempat Sabari bekerja.

Anak yang lahir kemudian hari oleh Sabari diberi nama Zorro lantaran ia enggan melepas boneka Zorro. Sabari amat menyayangi anak itu sampai-sampai memeluknya setiap waktu. Bahkan Sabari sudah membayangkan apa yang akan ia lakukan bila kelak Zorro sudah besar. Mengajak melihat pawai 17 Agustus, mengajari ngaji, membawanya ke pasar malam, jalan-jalan ke taman naik sepeda, dan hal-hal lainnya. Bayangan-bayangan ini pun membuat Sabari seringkali tak bisa tidur nyenyak.

Rasa sayang yang tercurah penuh pada Zorro, membuat Sabari tak merasa gelisah berkepanjangan kala Lena tak mau tinggal bersama mereka. Namun selang beberapa tahun Lena minta cerai dan membawa Zorro pergi. Sabari nampak linglung, pikirannya kacau, tingkahnya tak keruan lagi. Akhirnya dua sahabatnya, yaitu Ukun dan Tamat, yang tak tahan melihat itu memutuskan untuk membawa pulang kembali Lena dan Zorro. Mereka pun menjelajahi pulau Sumatra demi menemukannya.

0 comments:

Post a Comment